Bagaimana Menulis Buku Dalam 14 Hari Atau Kurang (Kata Pengantar)

ANDA TIDAK PERLU DIANTAR

An Introduction to “Bagaimana Menulis Buku Kreatif Dalam 14 Hari Atau Kurang”

Saya menulis naskah buku ini plus mengeditnya kurang dari 5 hari, dengan rat-rata per harinya sekitar 2 jam.  10 jam (600 menit) untuk 100 halaman, berarti 6 menit per halaman.  Jika Anda berpikir Saya sangat cepat, Anda salah. Ini normal dan banyak penulis bisa melakukannya jauh lebih cepat dari yang Saya lakukan.

Menulis buku 100 halaman dalam 14 hari sangat mungkin dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun, asalkan Anda tahu caranya.  Nah dibuku ini saya menelanjangi diri Saya sendiri, mengamatinya di cermin dan membiarkan Anda melihatnya.

Sasaran pembaca buku ini adalah Anda yang ingin menulis, bukan ingin membaca. Anda bisa saja selesai membaca buku ini, menambah pengetahuan Anda, lalu Anda merasa lebih cerdas dan berwawasan dari sebelumnya.  Tetapi tanpa benar-benar menulis sampai selesai buku Anda sendiri, maafkan saya, Anda tidak secerdas yang Anda kira.

Karenanya judul kata pengantar ini adalah Anda Tidak Perlu Diantar. Anda cukup diberi tahu caranya bertemu Doraemon, lalu silakan terbang sendiri, dan milikilah kantong ajaibnya.  Buku karya Anda akan menjadi kebanggaan Anda seumur hidup, karena itu segeralah tulis dengan kedisiplinan penuh, komitmen penuh.

Tetapi jika ternyata Anda memang perlu diantar, silakan kontak Saya dan ikut menjadi peserta Workshop Creative Writing. Di Workshop itu Saya akan mengantar Anda tiba ditujuan. Sampai buku Anda tercetak dengan nama Anda sebagai penulisnya!

Pada umumnya, ketika menulis, Anda akan mengenal Proses Menulis yang seperti ini: Pre Writing, Drafting, Revising, Editing, Cover & Layout,  Publishing.

Ketika melihat diagram ini pertama kali, Saya langsung berpikir,

“wah, menulis itu ribet.. prosesnya panjang!”

Mayoritas Penulis menghabiskan waktu 5-6 bulan untuk menyelesaikan bukunya, jika beruntung naskahnya langsung diterima oleh Penerbit,  Time Table nya jadi demikian:

OH MY GOD… LAMA BANGET YAK TERNYATA….

Bagaimana Jika Prosesnya ternyata bisa dipersingkat?

Buku ini fokus pada 14 Hari Anda Menulis, 10 hari menulis dengan Speed Writing Technique dan 4 Hari Editing (Revising) dengan Peta 8 Arah Mata Angin.

Wait, bagaimana dengan Ide, Sasaran Pembaca? Bukankah Mencari Ide dan Topik Juga Membutuhkan Berhari-hari?

Anda bisa melakukannya sambil MANDI, Makan, Atau Ketika Terjebak Macet dan Lampu Merah.

 

Bagaimana dengan RISET?  Bukankah Riset Juga memakan waktu berhari-hari?

No. Riset cukup 20 menit per Chapter.

 

BACA BAIK-BAIK BUKU INI, PRAKTEKKAN.

JIKA ANDA MEMANG PERLU DIANTAR,

IKUTI WORKSHOP SAYA.

 

 

RONEE PAUL

wwww.topendology.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *