Bagaimana Menulis Buku Non Fiksi

[Diambil dari buku “Bagaimana Menulis Buku Kreatif dalam 14 Hari atau Kurang by Ronee Paul)

Menulis Non Fiksi berarti menulis sesuatu yang nyata, bukan khayalan. Sesuatu yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari.  Ada begitu banyak genre, misalnya keuangan, kepemimpinan, manajemen, pendidikan, keluarga, pengembangan diri dan lain-lain.  Cara penulisannya bisa berupa How To, Tips, Manual, Resensi, Biografi, Jurnal Ilmiah  atau lain-lainnya.

Ada 5 topik utama yang sebaiknya Anda pilih jika hendak menulis karya Non Fiksi, yaitu business, personal finance, health (kesehatan termasuk diet/weight loss), practical psychology/personal improvement dan relationship.

Uang memang selalu menjadi topik yang menarik.  Setiap orang membutuhkan uang dan mencari cara untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.  Jika Anda memiliki pengetahuan cara meningkatkan kekayaan, cara menjual, cara mengatur keuangan, cara membangun bisnis baru, cara mengelola bisnis keluarga, cara mempertahankan kekayaan atau apapun dengan cara yang memang bisa dipelajari dan dipraktekkan, tulislah menjadi sebuah atau beberapa buah buku!

Kesehatan adalah prioritas utama semua manusia.  Uang banyak tidak ada artinya jika Anda menderita diabetes, kolesterol, asam urat atau jantung misalnya.  Uang banyak tetapi tidak bisa pergi kemanapun yang diinginkan, tidak bisa makan apapun dan mau melakukan ini itu harus dibawah pengawasan.  Belum lagi obat yang harus terus menerus diminum.  Selain problem penyakit, pemicu penyakit seperti kelebihan berat badan dan lemak perut juga membutuhkan cara untuk mengatasinya.  Jika Anda memiliki cara yang terbukti berhasil dan bisa segera dipraktekkan, tulislah menjadi buku.

Buku-buku tentang practical psychology, cara memperbaiki kualitas hidup, cara meningkatkan kecerdasan, cara mengembangkan kepribadian, cara mempengaruhi orang lain, cara memimpin, cara menjadi public speaker, cara menjadi orang tua, cara mendidik anak dan banyak hal di dunia psychology yang dibutuhkan masyarakat modern.  Setiap manusia ingin menjadi pemenang dalam pertempuran pikiran, karena itu jika Anda memahami psikologi, tuliskanlah menjadi buku.

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah memiliki pasangan hidup dan bersosial. Untuk itu kemampuan berkomunikasi, menjalin relationship menjadi sangat vital.  Ada begitu banyak pria dan wanita yang ingin menikah tetapi belum punya pasangan.  Ada begitu banyak pasangan suami istri yang ribut dan mempertimbangkan perceraian karena gagal menerima perbedaan. Ada begitu banyak orang tua yang gagal membina relationship dengan anak-anak mereka yang tumbuh dewasa.  Jika Anda punya pengalaman buruk dalam hal relationship dan bisa mengatasinya, pengalaman itu bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.  Jika Anda memikirkan tema Seks, Anda benar.  Seks adalah salah satu bentuk dari relationship yang Anda bisa tulis jika Anda memiliki pengetahuan disana!

Alur Non Fiksi

Ada beberapa tahap utama yang kurang lebih sama dengan alur penulisan Fiksi, tetapi terlihat lebih sederhana:

  1. Temukan Masalah/Pertanyaan Yang Benar-benar Ada di masyarakat
  2. Bahas Masalah Tersebut
  3. Berikan Solusi/Jawaban

 

Berbeda dengan Novel Fiksi yang membutuhkan Karakter Tokoh dalam Novel, pada buku non fiksi, karakter utamanya adalah Pembaca dan Anda sebagai Penulis.  Pembaca bisa bertindak sebagai murid, pemberi masalah, penanya, client.  Penulis bertindak sebagai guru, pemberi solusi, penjawab, coach.

Bukan berarti lantas menulis Non Fiksi lebih mudah dibanding Fiksi. Karena karakter utamanya adalah Anda dan Pembaca, karakter utama ini juga harus Non Fiksi!  Karakter Anda dan Pembaca harus real.  Masalah yang Anda angkat menjadi topik utama buku Anda, harus benar-benar masalah yang nyata, bukan masalah yang Anda pikir ada. Anda harus benar-benar menemukan orang-orang yang memiliki masalah itu! Begitu pula disisi Penulis,  Anda harus benar-benar menonjol dan kuat karakternya sebagai pemberi jawaban, sebagai problem solver.

 

Ronee Paul

Penulis Buku “Mastering Personality Reading”, “The Art Of TOP-END Life Mastery Model”,

“Bagaimana Menulis Buku Kreatif dalam 14 Hari atau Kurang”, “Canggih Bermusik dengan Komputer”,

“13 Jurus Rahasia Teknik Vokal”

www.topendology.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *