Religion Principle In A Relationship

Saya tidak membahas dua orang yang sudah terlanjur menikah walapun berbeda agama disini.  Yang saya bahas disini adalah tahap perkenalan, sebelum kamu serius dengannya. Jika agama kalian berbeda, pikirkan berkali-kali sebelum kamu membuka hati.

Agama adalah hal yang sangat prinsip. Agama berkaitan dalam semua aspek hidup, sehingga menikah berbeda agama jauh lebih berat daripada berbeda budaya.  Perbedaan ini tidak hanya berakibat pada hubungan kalian, tetapi juga pada keturunan kalian.

Agama memuat  banyak prinsip dalam hidup, baik dalam kehidupan di dunia maupun kehidupan setelah kematian.  Perbedaan terhadap prinsip Agama, dipandang sebagai ”dosa”, sehingga bersatunya dua orang yang berbeda agama, secara hukum agama sudah berdosa.  Hanya mereka yang menganggap diri open minded dan tidak fanatik yang membebaskan diri untuk menikah dengan siapapun walauupun berbeda agama.

Langkah pencegahan paling mudah adalah tidak pernah pergi berduaan dengan dia yang berbeda agama denganmu. Tidak akan ada kenangan, tidak akan ada peristiwa yang bisa membuatmu jatuh cinta padanya.

Tetapi jika cinta itu datang pada dia yang berbeda agama, bicarakan dengannya baik-baik. Jodoh, kehidupan pernikahan, bukan hanya tentang cinta, karena cinta bisa luntur. Berdiskusilah dengan baik-baik segala aspek yang bisa kalian pikirkan.  Jangan sekedar menuruti perasaan cinta, tetapi pertimbangkan juga kehidupan jauh ke depan.

Jauh lebih baik jika suami istri seagama.  Ibadah bersama-sama, sistem kepercayaan yang sama juga akan menghasilkan prinsip dan nilai yang sama. Ini jelas akan mempermudah perjalanan panjang hidup mereka.  Bayangkan jika bertemu persimpangan, lalu karena beda agama, suami belok kiri sesuai ajaran agamanya, dan istri belok kanan sesuai ajaran agamanya. Mereka akan segera berpisah secara ’pikiran’ di tahap awal pernikahan.  Mungkin tubuh bisa bersatu, tetapi perbedaan prinsip tentang keTuhanan ini membuat langkah hidup mereka berbeda arah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *